Catatan Perjalanan Akademik ke Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya (APIUM)

Pada hari Senin, 10 Juni 2024, saya beserta rombongan dari Fakultas Syariah IAIN Ponorogo melakukan kunjungan akademik ke Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya (APIUM). Rombongan ini terdiri dari Dr. Hj. Khusniati Rofiah, Dr. Muklas (Wadek II), Dr. Ahmad Junaidi (Wadek III), dan Marta Eri Safira (Kajur HTN).

Setibanya kami di APIUM, kami disambut dengan antusias oleh Pimpinan Akademi. Sambutan tersebut dipimpin oleh Assoc. Prof. Dr. Khader bin Ahmad, Deputy Dean Bidang Kemahasiswaan. Dekan Akademi, Prof. Dr. Mohd. Fauzi b. Hamat, tidak dapat hadir karena sedang menunaikan ibadah haji.

Kegiatan utama dari kunjungan ini adalah kuliah tamu yang saya sampaikan dengan topik “Implementing Maqasid: Shaping Global Ethic through Religious Principles”. Kuliah ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.00 waktu setempat.

Kuliah tamu ini dihadiri oleh mahasiswa tingkat akhir dan beberapa pensyarah yang hadir sebagai pembanding. Mereka sangat antusias dan terlibat aktif dalam diskusi, yang menunjukkan minat dan perhatian yang tinggi terhadap topik yang disampaikan.

Ramah Tamah dan Kolaborasi Masa Depan
Setelah kuliah tamu, kami melanjutkan sesi perbincangan kerjasama dan ramah tamah serta obrolan ringan dengan para Pimpinan dan  Pensyarah APIUM hingga sore hari. Dalam kesempatan ini, kami mendiskusikan berbagai peluang kolaborasi akademik, khususnya dalam penulisan bersama dengan dosen-dosen APIUM yang memiliki minat penelitian yang sama.

Kunjungan akademik ini tidak hanya mempererat hubungan antar institusi tetapi juga membuka peluang kolaborasi yang berharga di masa depan. Kami berterima kasih atas sambutan hangat dari APIUM dan berharap dapat terus bekerja sama dalam berbagai proyek akademik yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Bagikan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *